DIROSAH ILMU ILAL HADITS DARI KITAB SYARH ILAL AT-TIRMIDZI KARYA AL-HAFIDZ IBNU RAJAB

PUJIAN PARA ULAMA KEPADA IBNU RAJAB

 ثناء العلماء عليه :

نال الحافظ ابن رجب من ثناء العلماء أعلا عباراتهم وأوفاها نذكرطائفة من كلماتهم هنا وإن ذكرنا منها في أثناء دراستنا : قال ابن فهد في صفة ابن رجب « الإمام الحافظ الحجة ، والفقيه العمدة ، أحد العلماء الزهاد ، والأئمة العباد ، مفيد المحدثين واعظ المسلمين . . »

Pujian para ulama terhadap Imam Hafiz Ibn Rajab adalah yang tertinggi dalam ungkapan dan kejujurannya. Kami akan menyebutkan beberapa kutipan dari ucapan mereka di sini, meskipun kami menyebutkan sebagian dari mereka selama studi kami: Ibn Fahd berkata tentang sifat Ibn Rajab, "Imam Hafiz yang menjadi rujukan, pakar fikih yang utama, salah satu ulama yang zuhud, dan imam bagi para ahli ibadah, bermanfaat bagi para ahli hadis dan pengajar yang menginspirasi umat Muslim..."

وقال السيوطي : « الإمام الحافظ ، المحدث الواعظ ، زين الدين عبد الرحمن . . ) وقال ابن فهد أيضاً : « كان رحمه الله تعالى إماماً ورعاً زاهداً ، مالت القلوب بالمحبة إليه ، وأجمعت الفرق عليه ، كانت مجالس تذكيره النّاس عامة نافعة ، وللقلوب صادعة »

Dan Al-Suyuti berkata, "Dia adalah Imam Hafiz, seorang ulama yang menginspirasi dengan pengetahuan hadisnya, Zainuddin Abdul Rahman..." Ibn Fahd juga berkata, "Rahmat Allah Ta'ala atasnya, dia adalah seorang Imam yang bertaqwa, zuhud. Hati-hati cenderung mencintainya dan berbagai kelompok sepakat padanya. Pengajaran dan pengingatannya sangat bermanfaat bagi manusia  secara umum, dan mempengaruhi hati-hati."

وقال ابن العماد الحنبلي : « الحافظ زين الدين وجمال الدين أبو الفرج عبد الرحمن الشيخ الإمام العالم العلامة ، الزاهد القدوة البركة ، الحافظ العمدة ، الثقة الحجة . . » . « وكانت مجالس تذكيره للقلوب صادعة ، وللناس عامة مباركة نافعة ، اجتمعت الفرق عليه ، ومالت القلوب بالمحبة إليه ، وله مصنفات مفيدة ، ومؤلفات عديدة » . 

Ibn Al-Imad Al-Hanbali berkata, "Hafiz Zainuddin dan Jamaluddin, Abu al-Faraj Abdul Rahman, Sheikh, Imam, alim terkemuka, teladan zuhud, berkah, Hafiz terpercaya, otoritas yang diakui..." Dia juga berkata, "Majelis pengingatannya sangat mempengaruhi hati, memberkati dan bermanfaat bagi masyarakat umum. Berbagai kelompok sepakat padanya dan hati-hati cenderung mencintainya. Dia memiliki karya-karya yang bermanfaat dan banyak tulisan."

وقال ابن العماد أيضاً : « وكان لا يعرف شيئاً من أمور النّاس ، ولا يتردد إلى أحد من ذوي الولايات ، وكان يسكن بالمدرسة الشكرية بالقصاعين » . وقال الحافظ ابن حجر في « إنباء الغمر » : « وكان صاحب عبادة وتهجد ، ونقم عليه إفتاؤه بمقالات ابن تيمية ، ثم أظهر الرجوع عن ذلك ، فنافره التيميون ، فلم يكن مع هؤلاء ولا هؤلاء ، وكان قد ترك الإفتاء بآخرة » أهـ

Ibn Al-Imad juga mengatakan, "Dia tidak mengetahui banyak hal mengenai urusan orang lain dan tidak mencari hubungan dengan orang-orang berpengaruh. Dia tinggal di Madrasah Syukriyah di Qadain." Hafiz Ibn Hajar menyebutkan dalam "Inba' al-Ghumr": "Dia adalah seorang yang sangat beribadah dan rajin melaksanakan tahajjud. Dia mendapat kritik karena fatwanya terkait tulisan-tulisan Ibn Taymiyyah, namun kemudian dia mengubah pendiriannya. Dia tidak berpihak kepada kelompok-kelompok yang mendukung maupun menentang Ibn Taymiyyah. Dia telah meninggalkan mengeluarkan fatwa demi kehidupan akhiratnya.

ونقول : إنه ترك الإفتاء لكونه آثر قطع أسباب التشويش من بعض الذين لا يعقلون مصلحة الإسلام ، كما نراه في زمننا ، وقد ترك من الأكابر التدريس والإفتاء لمثل ذلك من الأسباب ، كما فعله الإمام السيوطي ، وصنف في ذلك رسالة خاصة شرح سبب صنيعه هذا

Dan kami katakan bahwa dia meninggalkan memberikan fatwa karena dia lebih memilih untuk menghindari sebab-sebab kekacauan dari beberapa orang yang tidak memahami kepentingan Islam, seperti yang kita lihat pada zaman kita sekarang. Dan para ulama terkemuka juga banyak yang meninggalkan majelis pengajaran dan fatwa karena alasan yang sama, seperti yang dilakukan oleh Imam Al-Suyuti. Dia bahkan menulis risalah khusus yang menjelaskan alasan di balik tindakan ini.


Hal. 35-36




No comments:

Post a Comment